Yuk Coba Wisata ke Desa Sawarna di Banten

Desa Sawarna yang ada di Banten bisa jadi alternatif tujuan liburan warga Jakarta. Lokasinya tidak begitu jauh dan pilihan obyek wisatanya pun tidak sedikit. Wisata Desa Sawarna yang berpusat di Kampung Cikoneng secara dipisahkan oleh anak sungai lalu dihubungkan pada jembatan gantung. Disini tidak sedikit tersebar tempat menginap yang umumnya berbentuk rumah semacam kos-kosan, namun ada pula penginapan berbentuk motel dengan fasilitas air conditioner. Masalah menu makan jangan khawatir sebab di sini disediakan oleh pengelola penginapan menjadi fasilitas tambahan. Menu yang pelancong inginkan pun bisa diorder sesuai dengan kemauan lengkap dengan buah menjadi pencuci mulut. Disamping itu ada pula yang menyediakan kopi serta teh gratis selama 24 jam. Bila masih kurang kalian bisa minta tuk diadakan acara seru seperti barbeque atau bakar jagung. Pokoknya seru deh ga akan nyesel!

Desa Sawarna ini tak hanya menyajikan wisata berupa panorama alam dan pematang sawah semata, tapi juga pariwisata pantai. Menjelang petang, tempat yang sangat sempurna tuk menyaksikan panorama matahari tenggelam ialah di Pantai Tanjung Layar. Keeksotisan di pantai ini tak hanya perpaduan warna merah kuning khas tenggelamnya matahari, akan tetapi tebing yang mencuat tinggi mirip layar perahu, jadi hiasan yang menakjubkan buat dilihat. Sementara, tempat yang sangat pas tuk menikmati matahari terbit ada di Pantai Karang Bereum.

Objek alternatif lainnya ialah menikmati mandi di laut yang pasirnya putih di Pantai Legon Pari yang bisa ditempuh lewat perjalanan biasa sekitar durasi 40 menit dari desa sekitar. Setelah itu, wisatawan bisa menjelajahi garis pantai berbatu karang yang berbentuk tangga. Ombak yang memecah belah saat menghantam karang benar-benar sangat indah. Obyek wisata ini dinamai Karang Taraje, akan tetapi musti berhati-hati sebab ombak yang bisa jadi begitu ganas suatu waktu. Bosan dengan pantai dan pegunungan dalam berwisata? tenang karena masih terdapat objek wisata lain yakni Goa alam. Banyak Goa-goa yang terdapat disana, tapi yang paling sering didatangi ialah Goa Lalay.

Goa Lalay dihuni segerombolan kelelawar dan jadi incaran pengunjung yang ingin tahu binatang malam yang menyukai hidup bergerombol ini. Goa yang dasarnya terendam air dan punya kedalaman sampai puluhan kilometer ini jadi objek wisata favorit disini. Buat kamu yang tak membawa peralatan caving semacam helm dan senter, boleh menyewa dari penduduk setempat sekalian menyewa tour guide. Tujuan wisata Desa Sawarna sebetulnya sudah ada semenjak lama. Namun pada saat itu bisa terkenal di kalangan surfer mancanegara yang hobby berpetualang cari ombak terbaik. Bermula dari mulut ke mulut, pariwisata disini mulai banyak peminatnya dan terus bertambah kedatangan wisatawannya, entah itu lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu, selayaknya kita menjadi generasi penerus wajib melestarikan warisan alam yang berada di Desa Wisata Sawarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.